Playmat manakah yang cocok untuk mama?

PLAYMAT 

Karena bayiku sudah mulai banyak bergerak ke sana kemari, aku berencana membeli playmat yang empuk untuk bermain di lantai. Sempat bingung untuk beli playmat khusus bayi atau matras. Pada akhirnya, aku memutuskan beli playmat karena dirasa lebih flexible dibandingkan matras untuk rumah yang ukurannya tidak terlalu besar.

Meskipun sudah tau mau membeli playmat, ternyata banyak sekali variannya. Aku kebingungan beli merk apa dan bahan yang mana yang worth to buy sesuai budget dan kebutuhan. Setelah tanya ke beberapa teman, berikut aku tuliskan rangkuman perbandingan beberapa playmat:


PVC


+ lebih empuk
+ Lebih antislip/firm
+ lebih awet
- kurang flexible untuk dipindah-pindah karena berat
- Lebih pricey

Untuk bahan PVC, ada beberapa merk. Ada playmat Bebedom dengan harga Rp 800.000-an dengan kualitas sekelas Cobyhaus. Salah satu teman yang memakai merk Bebedom sudah 4 tahun dan masih bagus. Ada juga playmat di Ace Hardware harga Rp 500.000-an.


PE



+ affordable
+ lebih flexible penyimpanan bisa digulung, ringan
- suka rada ngegulung/ngelipet ujungnya jadi kurang datar
- Less durable di atasnya jgn sering ditaro barang berat

Untuk playmat Parklon berbahan PE dengan ketebalan 1.5 cm dijual dengan harga Rp 400.000-an

EVA Mat (Karpet puzzle)



- Bahan kurang aman untuk bayi yang masih suka memasukkan barang ke mulut.
Untuk karpet puzzle ini sebaiknya dibeli saat  anak udah gak masuk-masukin barang ke mulut dan udah belajar berjalan. 

Setelah menimbang value for money, akhirnya aku beli playmat Parklon PE tipe Zalina dengan ketebalan 1.5cm. Setelah menggunakan beberapa waktu, aku puas dengan pilihan ini karena meskipun kucingku suka banget nyakarin playmat-nya sampai robek-robek dan pernah juga terinjak suami sampai robek, playmat-nya tetep bisa dipakai dan tetap aman untuk bayi saat belajar berjalan.
Tapi, kalau ada budget lebih besar dan berniat akan dipakai dalam jangka waktu lama (seperti punya bayi lagi), aku sarankan untuk membeli bahan PVC hehe …

Another view from Mama Puti

Gw pake playmat PVC, trus kalo basah karena tekstur karpetnya jadi kadang masih suka ada air nyangkut jadi anyepnya agak lama.
Sepupu kikin pake playmat PE, kalo lagi main disana karena kikin hobinya lari padahal masih oleng sering nyangkut di bagian ujung-ujungnya yang ngegulung.

Another view from Mama Bibil

Gw pake playmat cobyhaus PVC. Pake pvc kalo basah ngelapnya harus ditap tap gitu sih pake bahan kayak handuk, tp enak tebel empuk bisa buat Miya sambil boci. tiap pagi kalo ngepel juga digulung sm si mbak. Dan dapet semprotan apa gitu ya buat ngebersihinnya haha tp ga selalu dipake sih jd masih ada sampe skrg

Another view from Mama Messya

jadi kalo aku tanya2 sana sini playmat yang bagus tu minimal ketebalannya 1.5cm.. apalagi kalo anaknya  lg belajar jalan suka jatoh2 tu better yg 1.5 krn empuk pas jatoh trus ga terlalu empuk kalo mau dipake bediri (cenah, aku blm bediri anaknya)
krn keterbatasan lahan, ghazi pake playmat yg puzzle kaya evamat gitu tp keluarannya yofi.. enak bgt ga kalah sm playmat 2jt-an. harga ekonomis sekitar 300-an cukup luas & permukaannya bertekstur gitu. yg aku beli tebelnya 2cm si ttp enak dan bisa dilipet jd ga makan tempat

Another view from Mama Okky

gw pakenya playmat cobyhaus PE, tp lama2 ngelupas gitu lapisan atas yg kek plastiknya itu jadinya keliatan jelek wakakak

Cheers,

Source: Mama Ira
Editor: Mama Okky & Mama Mirza

0 Comments