SNACK MPASI : Promina Puffs vs Gerber Puffs


Pertama kali beli snack puffs MPASI buat babyku pas usianya sudah 9 bulan untuk hiburan bayi saat di mobil jadi anteng. rata2 tulisan di bungkus snack puffs itu CRAWLER atau 8+ dan snack puffs juga bagus untuk melatih motorik jari-jari bayi belajar pinching. Gerber Puffs rasa vanilla adalah pilihanku alasannya simple, packagingnya paling meyakinkan haha. Setelah 1 toples habis aku belum sempet beli tiba-tiba bapak mertuaku memberikan snack Promina puffs, ntah kenapa liat dari packaging dan harganya membuat aku kepo dengan nutrition factnya. Ahirnya aku cari tau dan bertanya kepada temanku yang seorang nutritionist.

nutrition promina vs gerber


Berikut keterangan berdasarkan perbandingan nutrition fact di kemasan:

Walaupun takaran saji Promina dan Gerber 60 keping, namun takaran saji Promina per 15gr, sedangkan Gerber per 7gr (Promina lebih besar sedikit ukurannya dr Gerber). Jadi komposisi prominanya dibagi 2 dulu untuk bisa dibandingin. Contoh : 
    • Vitamin, kalo Prominanya jadi per 7gr. vit E dari promina akan jadi 12.5% dan gerber 10%. Rata-rata keseluruhan mirip.
    • Untuk kalorinya tetap lebih banyak Promina walaupun sudah dibagi dua. Promina 40 kkal, Gerber 25 kkal.
    • Sama sama no sodium.
    • Kalau dari komposisi dua-duanya aman untuk bayi tanpa pemanis buatan kayak sakarin, aspartam dkk

Secara keseluruhaan..

Dari kandungan gizinya tidak berbeda jauh bahkan Promina cenderung lebih tinggi sedikit, di samping itu Promina harganya terjangkau, mudah didapat, dan kalorinya lebih tinggi (jadi lebih banyak nambah energi buat bayi yang lagi aktif-aktifnya). So, ada harga belum tentu ada kualitas untuk snack puffs ini.

Note:
Sebaiknya tidak dijadikan snack utama di jam snack anak karena kandungan kalori yg cenderung rendah. Teorinya snack itu rata-rata 100-150 kkal untuk anak 1000 hpk. Namuuun boleh banget nih buat snack diet mamanya wkwk.


Another view from Mama Deu

Kalo promina lebih keras menurut gw..jd kurang cocok buat bayi 6 bulan. Makanya dia disuggestnya buat umur 8 bulan ke atas. Kalo gerber kan lumer bgt. Pengalaman gw sih Arshad aman aja makan gerber dari 6 bulan...soalnya emang lumer banget..

Cheers,

Source: Mama Humaira
Additional Source: Mama Deu
Editor: Mama Okky

0 Comments