Experience with Boba Air

Experience with Boba Air

Boba Air Review

Gendongan merupakan salah satu perlengkapan bayi yang perlu dimiliki orang tua. Selain membantu mengurangi encok karena posisi menggendong yang tidak seimbang pembagian bebannya, gendongan juga bisa membantu orang tua untuk tetap dekat dengan anak sambil melakukan hal lain. Termasuk jalan-jalan!

Nah, untuk mendukung kegiatan jalan-jalan yang nyaman untuk bayi dan orang tua, saya berniat membeli Soft Structure Carrier (SSC) yang travel friendly. Kriteria travel friendly untuk saya adalah:
    1. Mudah digunakan baik oleh saya maupun suami,
    2. Tidak mengambil tempat yang banyak di tas,
    3. Nyaman digunakan dalam waktu lama, dan
    4. Nyaman untuk bayi (tidak panas, pas di badan bayi).
Setelah browsing sana-sini, ketemu lah Boba Air. Boba, Inc. dirintis oleh pasangan suami istri yang sering jalan-jalan dan memiliki anak. SSC keluaran Boba termasuk dalam kelas menengah, tidak kelewat murah (>Rp 500.000), namun tidak semahal Ergo Baby atau Tula.

Tapi, sebelum membeli, saya mau pastikan dulu Boba Air ini benar memenuhi keempat kriteria di atas. Akhirnya, saya sewa dulu selama 2 minggu--bertepatan dengan jadwal jalan-jalan saya dan keluarga.

Bagaimana rasanya menggunakan Boba Air?

Pro:

    1. Mudah digunakan sendiri tanpa bantuan orang lain. Cukup belajar 1-2 kali di depan kaca.
    2. Ringan dan tidak memakan tempat. Jika dilipat ukurannya sekitar 7x15cm.
    3. Cukup murah untuk gendongan buatan luar (dibawah 1 juta).
    4. Ada penutup kepala yang yang menyatu dengan gendongan. Bisa dilipat jika tidak digunakan.
    5. Bisa digunakan oleh ayah ataupun ibu karena ukuran pinggang dan punggung yang bisa disesuaikan.

Cons:

    1. Tidak nyaman digunakan lama karena tidak ada bantalan di pundak penggendong.
    2. Ada bekas tekanan kain di paha bayi karena bahan yang tipis tanpa bantalan di bagian paha.
    3. Minimal digunakan oleh bayi dengan berat 7kg. Jika terlalu kecil, bayi tidak bisa melihat sekeliling dengan nyaman.
    4. Bahan yang tidak menyerap keringat. Jadi, saat saya pakai, saya tambahkan handuk kecil di bagian kepala bayi (lihat gambar).

Beli atau tidak?

Tidak. Karena dari segi kenyamanan kurang. Pundak saya terasa sakit ketika menggendong lama. Ini krusial karena seringnya saya menggunakan gendongan untuk jalan lama.

Sebenarnya Boba Air mengeluarkan versi terbaru yang sudah menggunakan bantalan di bagian pundak penggendong dan paha bayi. Tapi, menimbang berbagai kelemahan Boba Air dan harga yang menjadi sedikit lebih mahal, saya memutuskan untuk membeli merk atau tipe lain.

Review SSC Boba jenis lainnya akan saya tulis selanjutnya.

Cheers,

Source: Mama Mirza
Editor: Mama Okky

0 Comments